Sunday, October 27, 2013

contoh soal TKB guru

SOAL CPNS TKB FORMASI TENAGA PENDIDIK

1. Pernyataan di bawah ini merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali  ....
a.  menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan 
b.  memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.  penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d.  memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat 
JWB : D
2. Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a.  memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain 
b.  penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang  dan menghasilkan penyelesaian persoalan untukmengambil keputusan
c.  berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
d.  mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang  
JWB : C
3. Pernyataan di bawah ini yang merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah ....
a.  mulai menyukai  teman  sebaya  sesama jenis
b.  berperan serta dalam permainan logika 
c.  menyukai  teman sebaya  lawan jenis
d.  dapat  bekerja  dalam durasi waktu yang lama
JWB : A
4. Pernyataan di bawah ini merupakan  karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali  ....
a.  kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
b.  menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
c.  mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa 
d.  memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
JWB : C
5. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seoraanak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajarmelalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.  coba-ralat (trial and error)
b.  pendidikan langsung, 
c.  identifikasi
d.  observasi
JWB : D
6. Pada anak usia sekolah dasar  sering  disebut  ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan  karakteristik perkembangan anak dalam aspek …. 
a.  sosial
b.  moral
c.  intelektual
d.  emosional
JWB : A
7. Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi  dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap  ….
a.  masalah sosial
b.  bidang olahraga
c.  tubuh manusia
d.  kesehatan manusia
JWB : A
8. Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru  telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a.  kesehatan
b.  status 
c.  penampilan
d.  pekerjaan
JWB : D
9. Ketika  dalam  pembelajaran Bahasa  Indonesia,  ketika  ada  siswa  yang sangat antusias memerankan    tokoh   dongeng atau cerita rakyat   yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan  demikian  guru  dapat mengindentifikasi minat  siswa  terhadap ….
a.  penampilan
b.  pekerjaan
c.  sekolah
d.  status 
JWB : C
10. Dalam  proses  pembelajaran  tentang  kompetensi  dasar: ‘mengidentifikasi    kebutuhan  tubuh  agar  tumbuh  sehat  dan  kuat (makanan,  air, pakaian, udara,  lingkungan  sehat)’, guru  tampak dapat mengidentifikasi  siswa  yang  selalu  bertanya  dan  mampu  membuat laporan  tentang  apa  saja  yang  diminatinya  dengan  sangat  baik. Berdasarkan  uraian  di  atas,  dapat  dikatakan  bahwa  guru  dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a.  seks
b.  penampilan
c.  kesehatan
d.  pekerjaan
JWB : C
11. Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.  nama-nama keluarga
b.  penampilan diri
c.  ikatan kekerabatan
d.  jenis pekerjaan orang tua  
JWB : D
12. Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a.  mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.  melaksanakan hidup rukun di masyarakat  
c.  mengenal lingkungan rumah dan sekolah 
d.  mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
JWB : D
13. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’,   kemampuan awal/ prasyarat  yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.  membagi
b.  menjumlah
c.  mengurang 
d.  menghitung 
JWB : B
14. Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat  yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.  membuat karangan deskriptif
b.  melengkapi kalimat belum selesai    
c.  menyusun kalimat sederhana
d.  membaca kalimat  sederhana
JWB : C
15. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
a.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia 
b.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d.  mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika 
JWB : C
16. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang seringmuncul  pada  siswa.  Hal  tersebut  dapat  teridentifikasi  melalui pengerjaan soal …. 
a.  4  + 3  = …..
b.  9  -  6  = …..
c.  8  - … =  ….
d.  5  + 4  =  ….
JWB : C
17. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
a.  adanya gangguan hubungan keruangan 
b.  kesulitan dalam bahasa dan membaca 
c.  gangguan mengenal dan memahami simbol
d.  performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
JWB : D
18. Perhatikan soal-soal di bawah ini.
                75                  68
                27                  13  
              _____   _        _____  +
                58                   71
Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
a.  proses penghitungan  
b.  memahami simbol
c.  nilai tempat  
d.  bahasa dan membaca 
JWB : C
19. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali  …. 
a.  suara
b.  kosakata
c.  artikulasi
d.  kelancaran 
JWB : B
20. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….  
a.  menangkap makna secara penuh  
b.  mengingat kembali kata-kata  
c.  membandingkan informasi yang diterima
d.  merumuskan alternatif pemecahan masalah 
JWB : A


1 comment: