SOAL CPNS TKB FORMASI TENAGA PENDIDIK
1.
Pernyataan di bawah ini merupakan
karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
fisik, kecuali ....
a. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi
dan berat badan
b. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan
permainan
c. penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik
halus
d.
memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
JWB
: D
2.
Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa
SD, yang artinya kemampuan untuk ….
a. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya
sendiri dan orang lain
b. penalaran yang menggunakan logika-logika yang
dapat diterima oleh semua orang dan
menghasilkan penyelesaian persoalan untukmengambil keputusan
c. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara
yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap
berbagai persoalan
d. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam
rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang
maupun masa yang akan datang
JWB
: C
3.
Pernyataan di bawah ini yang merupakan
karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
sosial adalah ....
a. mulai menyukai teman
sebaya sesama jenis
b. berperan serta dalam permainan logika
c. menyukai
teman sebaya lawan jenis
d. dapat
bekerja dalam durasi waktu yang
lama
JWB
: A
4.
Pernyataan di bawah ini merupakan
karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek
emosional, kecuali ....
a. kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika
berhasil akan bertahan sampai akhir
b. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan
di sekolah
c. mulai muncul perasaan simpati kepada orang
yang lebih dewasa
d. memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam
lelucon praktis
JWB
: C
5.
Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase
perkembangan moral yang harus dicapai seoraanak. Pada fase perkembangan
perilaku moral, seorang anak belajarmelalui cara-cara berikut, kecuali ….
a. coba-ralat (trial and error)
b. pendidikan langsung,
c. identifikasi
d. observasi
JWB
: D
6.
Pada anak usia sekolah dasar sering disebut
‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek
….
a. sosial
b. moral
c. intelektual
d. emosional
JWB
: A
7.
Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat
teridentifikasi dalam proses
pembelajaran adalah minat terhadap ….
a. masalah sosial
b. bidang olahraga
c. tubuh manusia
d. kesehatan manusia
JWB
: A
8.
Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi
pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan
bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a. kesehatan
b. status
c. penampilan
d. pekerjaan
JWB
: D
9.
Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia,
ketika ada siswa
yang sangat antusias memerankan
tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan
bahan pelajaran dengan menarik, dengan
demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa
terhadap ….
a. penampilan
b. pekerjaan
c. sekolah
d. status
JWB
: C
10.
Dalam proses pembelajaran
tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan
tubuh agar tumbuh
sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan
sehat)’, guru tampak dapat
mengidentifikasi siswa yang
selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang
apa saja yang
diminatinya dengan sangat
baik. Berdasarkan uraian di
atas, dapat dikatakan
bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a. seks
b. penampilan
c. kesehatan
d. pekerjaan
JWB
: C
11.
Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat
terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a. nama-nama keluarga
b. penampilan diri
c. ikatan kekerabatan
d. jenis pekerjaan orang tua
JWB
: D
12.
Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi
dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a. mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b. melaksanakan hidup rukun di masyarakat
c. mengenal lingkungan rumah dan sekolah
d. mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
JWB
: D
13.
Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a. membagi
b. menjumlah
c. mengurang
d. menghitung
JWB
: B
14.
Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar
dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/
prasyarat yang harus dimiliki siswa
adalah kemampuan ….
a. membuat karangan deskriptif
b. melengkapi kalimat belum selesai
c. menyusun kalimat sederhana
d. membaca kalimat sederhana
JWB
: C
15.
Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari
kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara
tetangga’, adalah ….
a. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang
terjadi di Indonesia
b. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang
terjadi di Eropa
c. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang
terjadi di Asia
d. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang
terjadi di Afrika
JWB
: C
16.
Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang seringmuncul pada
siswa. Hal tersebut
dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
a. 4 +
3 = …..
b. 9
- 6 = …..
c. 8 - …
= ….
d. 5 +
4 =
….
JWB
: C
17.
Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering
dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
a. adanya gangguan hubungan keruangan
b. kesulitan dalam bahasa dan membaca
c. gangguan mengenal dan memahami simbol
d. performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal
IQ
JWB
: D
18.
Perhatikan soal-soal di bawah ini.
75 68
27 13
_____ _
_____ +
58 71
Jawaban
soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh
anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
a. proses penghitungan
b. memahami simbol
c. nilai tempat
d. bahasa dan membaca
JWB
: C
19.
Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya
kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali
….
a. suara
b. kosakata
c. artikulasi
d. kelancaran
JWB
: B
20.
Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan
kemampuan kognitif adalah ….
a. menangkap makna secara penuh
b. mengingat kembali kata-kata
c. membandingkan informasi yang diterima
d. merumuskan alternatif pemecahan masalah
JWB
: A
tq...semoga bermanfaat..aamiin
ReplyDelete